Jumat, 12 September 2008

MY FIRST ACTION IN BUSSINES



Tiga (3) bulan telah terlewati sejak saya terdaftar sebagai seorang TDB, dalam limit waktu tiga bulan ini saya sangat rajin sekali membuka web Komunitas TDA dan blog para member TDA untuk mendapatkan motivasi, pengalaman dan peluang bisnis.

Hampir setiap hari saya sempatkan untuk membaca blog Pak Rosihan (Saqina), Pak Faif (Kafana Distro), Pak Rony (Manet Busana Muslim), Pak Teguh (sulam etnik Azka), Ibu Doris Nasution (Shaakira) dan Ibu Poppy Garmila (Ruzika), sambil mempelajari proses yang mereka lalui dari waktu ke waktu dengan harapan bahwa proses ini akan menjadi pelajaran bagi saya dalam memulai sebuah proses untuk menjadi seorang TDA, insya Allah.Amien

Keyakinan dan tekad untuk menjadi seorang TDA sangat kuat terpatri dalam diri saya, bahwa untuk menjadi seorang TDA tidak hanya dibutuhkan keinginan dan tekad yang kuat tetapi harus diimplementasikan dalam bentuk aksi yang nyata dalam menggapai keinginan dimaksud, hal inilah yang selalu ditekankan oleh para komunitas TDA.

Setelah melalui pertimbangan akan pilihan-pilihan usaha yang akan coba saya jalani maka dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim pilihan kami yaitu usaha perlengkapan busana muslim, semoga pilihan ini adalah pilihan yang tepat dan diridhoi Allah SWT.Amien

Pilihan ini didasari atas pertimbangan bahwa pertama, menghadapi hari raya idul Fitri tahun 2008 yang sudah semakin dekat tentu permintaan akan busana muslim meningkat, kedua, pasar sasaran dari usaha ini adalah di daerah (tingkat pendapatan masyarakatnya rendah sehingga kualitas barang yang dibutuhkanpun standar), ketiga, belum adanya outlet yang secara khusus menyediakan kebutuhan perlengkapan muslim. Dan Alasan yang sangat pribadi adalah karena tahun ini kami merencanakan untuk lebaran bersama orang tua di kampung sekaligus bisa action dan membaca peluang dan menjajaki usaha di daerah.

Dengan keterbatasan modal yang ada maka tahapan pertama yang saya lakukan adalah melakukan survey produk-produk perlengkapan muslim pada pusat grosiran yang ada di Jakarta (walaupun sudah tersedia produk muslim yang berkualitas dengan komisi sangat menarik dari para member TDA bagi pemula seperti saya yang ingin memulai usaha atau action, insya Allah pada tahapan berikutnya akan melakukan order pada teman-teman komunitas TDA garmen) target yang menjadi sasaran saya adalah ITC Mangga Dua dan Pasar Tanah Abang. Pada tahapan awal ini saya ingin mengetahui kualitas barang dan tentu yang pasti adalah harganya.

Hari sabtu dan minggu adalah hari yang sangat luang bagi saya karena tidak bekerja maka saya dan istri saya (Rusulina Ekasari) sepakat hari sabtu, 6 Juli 2008 akan melakukan survey ke ITC Mangga Dua, kami berangkat dari rumah sekitar jam 08.00 karena seperti biasa pagi harinya setelah subuh kami harus bercanda ria bersama anak kami Rofifah Salsabila Saleh yang saat ini baru berumur 1,4 tahun yang tentu sangat membutuhkan perhatian kami sebagai orang tua. Setibanya di ITC Mangga Dua kami sepakat untuk memulai perjalanan dari Pasar Pagi Mangga Dua karena lokasinya bersebelahan dengan ITC Mangga Dua. Perjalananpun dimulai dari setiap outlet ke outlet yang lain sambil melihat produk dan menanyakan harga grosirannya serta membanding-bandingkan kualitas produk, perjalananpun berakhir sekitar jam 13.20, karena waktunya masih memungkinkan untuk ke Pasar pagi lama dekat stasiun kota maka kami sepakat untuk melihat-lihat accesories yang dapat dipadukan pada busana muslim. Akhirnya perjalanan pertama kami selesai pada pukul 15.30, and we come home.

Keesokan harinya Minggu, 7 Juli 2008 saya dan istri memulai lagi perjalanan menuju Pasar Tanah Abang, hal yang sama kami lakukan seperti pada ITC Mangga Dua berjalan keluar masuk outlet yang satu ke yang lain begitu seterusnya hingga akhirnya kami mendapatkan banyak sekali referensi bagi pemula seperti kami dan kami memutuskankan untuk membeli di Pasar Tanah Abang.

Akhirnya pada hari Rabu, 10 Juli 2008 istri saya bersama ibu mertua ke Tanah Abang untuk membeli beberapa produk yang sudah menjadi target kami. Semoga keputusan dan usaha yang kami jalani ini mendapatkan ridhoi dari Allah SWT. Amien....serta mohon doa dari para pembaca dan terima kasih atas dukungan motivasi dan inspirasi yang diberikan oleh komunitas TDA

Salam
Saleh La Ela

NB. Selain beberapa produk yang saya beli di Tanah Abang ada juga yang saya beli berupa jilbab dan busana muslim di pasar tasik JaCC. Mohon maaf sudah hampir dua bulan tidak nulis, tulisan ini mencoba mereviwu kembali beberapa aktifitas yang saya lakukan sebelumnya.