Senin, 28 April 2008

Langka-langkah dalam mengelola sebuah Toko Pakaian

Dalam setiap bisnis kuncinya adalah pengelolaannya harus “focus”, untuk mengelola toko pakaian ada beberapa hal yang sebaiknya dapat diperhatikan dan laksanakan, yakni sebagai berikut :

  1. .Tentukan pengelolanya. Maksudnya selain kita, sebaiknya ada orang lain yang ikut membantu, misal keluarga atau orang lain. Sehingga tidak selalu kita yang ada di toko tersebut. Carilah orang yang bisa kita percaya dan punya kemampuan komunikasi yang baik, sehingga bisa berbicara dengan konsumen dan calon konsumen

  2. .Jam buka dan tutup toko dapat dilaksanakan secara konsisten. Sebagai pemilik harus menentukan jam operasional toko dan konsisten bukanya setiap hari. Dengan begitu, setiap orang yang akan ke toko kita, dapat menyesuaikan dengan jam buka toko kita, jangan sampai yang terjadi mereka merasa kecewa karena begitu datang ke toko kita, ternyata belum buka. Konsistensi ini sangat penting untuk kemajuan toko kita

  3. Tata barangnya secara baik. Dalam menata sebuah toko yang terpenting adalah menata barang-barangnya sebaik mungkin sehingga orang yang datang ke toko kita merasa senang dan betah dengan penataan tersebut

  4. Buat daya tarik agar banyak orang datang ke toko kita. Caranya bermacam-macam misal dari segi warna, penataan barang-barangnya dan hadiah yang diberikan kepada para pembeli. Selain itu, bisa juga setiap orang yang datang ke toko kita, meskipun tidak membeli, diberikan segelas air mineral untuk melepas dahaga mereka

  5. Atur keuangan secara bijak. Salah satu hal yang sering membuat sebuah usaha mundur dan akhirnya bangkrut adalah karena kurang bagusnya pengaturan keuangannya. Agar hal tersebut tidak terjadi pada bisnis kita maka kita harus secara ketat mengatur dan mengontrok keuangan toko. Buatlah pembukuan yang bagus. Setiap barang yang laku agar dicatat. Lebih baik lagi kalau setiap hari, sebelum toko tutup, kita dan karyawan dapat menghitung jumlah barang yang masih ada dan diklopkan dengan barang yang laku. Itu sebagai salah satu kontrol terhadap barang-barang yang kita jual

  6. Barang-barang yang dijual bervariasi dan mengikuti perkembangan trend mode. Usahakan agar banyak variasi barang dan kita juga senantiasa terus mengikuti mode yang sedang trend. Untuk itu, kita harus lebih sering mencari informasi tentang hal tersebut, baik langsung kepada tempat kita mengambil barang maupun dengan mendapatkannya dari berbagai media, cetak dan elektronik

  7. Selalu bersikap ramah kepada seluruh pengunjung. Pada setiap bisnis apalagi yang berhubungan langsung dengan konsumen, keramahan sangat perlu dilakukan. Untuk itu agar kita selalu bersikap ramah kepada setiap orang yang datang ke toko. Dengan bersikap seperti itu, terkadang orang yang semula tidak ada niat membeli barang-barang yang kita jual, akan tertarik untuk beli barang di tempat kita

  8. Beri nama tokonya. Hal ini mutlak kita lakukan untuk memudahkan konsumen dan calon konsumen mengingat toko kita. Sehingga kalau mereka atau saudaranya atau temannya membutuhkan barang-barang yang kita jual, mereka bisa mereferensikannya untuk datang ke toko kita

  9. Melihat barang-barang dan layanan kompetitor. Kita jangan cepat puas dengan semua hal yang dilakukan, kita harus juga melihat aktivitas yang dilaksanakan kompetitor kita. Setelah melakukan itu, usahakan agar kita melakukan lebih baik dari kompetitor, sehingga kita dapat memenangkan persaingan dalam bisnis